Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Gratis dan Cepat Data Shapefile (SHP) Terbaru untuk Kebutuhanmu

Download Data Shapefile (SHP) Terbaru untuk Kebutuhanmu



Perkembangan waktu dan zaman dari masa ke masa memiliki kebutuhan dan keingintahuan yang berbeda dan semakin meningkat salah satunya kebutuhan untuk membuat dan merencanaakan sesuatu hal yang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kedepannya diantaranya adalah membuat suatu analisis tentang suatu objek baik itu lahan, bencana alam dan lain sebagainya. 

Seluruh objek-objek yang dibuat harus memiliki sumber data dan data, baik itu berupa data digital atau spasial maupun berupa data kertas atau print out. Saya yakin kita semua dan Para kaisar pemetaan tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya informasi spasial dan geospasial. Data geospasial ini berhubungan dengan lokasi, yang dapat dikumpulkan, dimanipulasi dan ditampilkan secara real-time (Folger,2009). Untuk menganalisa dan menampilkan data dari geospasial kita memerlukan sebuah framework yaitu software Sistem Informasi Geografis yang dibuat untuk memberikan solusi penyelesaian tentang spasial. Dalam melakukan dan pengoperasian software SIG sangat membutuhkan suatu data yang wajib harus kita memiliki, data itu berupa Shapefile

Untuk mempermudah mencari dan mendapatkan data berupa Shapefile yang teman-teman inginkan tentu teman-teman harus mengunduh dahulu SHP atau Shapefilenya. Jika dahulu kita kesulitan untuk mencari data-datanya, maka saat ini sudah banyak situs dan link yang bisa membantu teman-teman untuk mendapatkan data Shapefile (SHP) yang diinginkan.

Pada Halaman ini saya akan membantu mempermudah teman-teman untuk mendapatkan data-data SHP yang dapat digunakan sesuai keinginan teman-teman. Sebenarnya untuk memperoleh langsung data SHP teman-teman dapat melihatnya di www.Indonesia-Geospasial.Com. Untuk dapat memberikan info data SHP agar tersebar secara meluas dan lebih cepat maka halaman ini saya buat untuk membantu teman-teman GIS mendapatkan data-data tersebut. Data yang di sajikan perwilayah Provinsi dan Kabupaten berupa data jenis tanah, peta RBI, Batas Administrasi Daerah, DEM, Batas DAS, Data Geologi, Sungai, Jalan, Bangunan, dan banyak lagi data-data yang ada di halaman ini.

Saat ini saya dengan melakukan penginputan data-data Shapefile pada halaman ini, mohon maaf selagi masih ada Gambar ini, maka data-data masih belum teruplode seluruhnya, namun beberapa data sudah siap untuk digunakan. Jika teman-teman menginginkan SHP lain, silahkan berkomentar di bawah ini.

Cara Mendownload Data
Untuk mendownload atau mengunduh data-datanya juga sangat mudah, teman-teman hanya perlu  mengklik tulisan “Klik Disini” untuk mendapatkan data yang dinginkan pada table dibawah ini, maka akan masuk ke halaman berikutnya perprovinsi, lalu teman-teman pilih data daerah provinsi yang dinginkan lalu “Klik Disini”, maka akan di arahkan data tabel per kabupaten, pilih data kabupaten yang diinginkan lalu “Klik Disini” dan Data akan masuk ke Jendela GoogleDrive, lalu teman-teman dapat memperoleh data SHP yang teman-teman inginkan.

Berikut Daftar untuk mendownload berbagai Shapefile atau SHP untuk berbagai Daerah di Indonesia.

Download data SHP di disini :  

No

Jenis Data SHP

Download

Sumber Data

Ket

1.

Rupa Bumi Indonesia (RBI) Seluruh Indonesia

Klik Disini

BIG

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

2.

Data Jenis Tanah Seluruh Indonesia

Klik Disini

GeoNetwork FAO PBB


Lengkap

3.

Batas Administrasi Daerah Tahun 2020

Klik Disini

BIG

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

4.

Data Kependudukan Tahun 2019

Klik Disini

Webgis Dukcapil Kemendagri

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

5.

DEM SRTM 30 m Perprovinsi

Data Kelerengan Seluruh Provinsi 

Klik Disini


Klik Disini

Earthexplorer.USGS.Gov

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

6.

Data Bangunan /Pemukiman Seluruh Indonesia

Klik Disini

Open Street Map

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

7.

Tutupan Lahan Tahun 2019

Klik Disini

Webgis KLHK OpenSource

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

8.

Batas DAS Seluruh Indonesia

Klik Disini

Webgis KLHK

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

9.

Data Batimetri BATNAS /Data Kedalaman Laut


Klik Disini (tif)

Klik Disini (shp)

 

BIG

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

10.

Kawasan Gambut Seluruh Indonesia

Klik Disini

Webgis Pertanian

www.indonesia-Geospasial.com

Data Belum Teruplod semua

11.

Data Shapefile Tipe Batuan Seluruh Indonesia

Klik Disini

www.indonesia-Geospasial.com

Lengkap

12.

Data Lainnya

Klik Disini

Sumber Data dapat berubah fleksibel

Silahkan di Lihat

Password RAR : www.indonesia-geospasial.com

Posting Komentar untuk "Download Gratis dan Cepat Data Shapefile (SHP) Terbaru untuk Kebutuhanmu"