Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Buffer Jaringan Sungai dari Polygon dan Line di Arcgis

Cara Buat Buffer Jaringan Sungai dari Polygon dan Line


Buffer artinya penyangga yang dapat berbentuk. Buffering merupakan analisis yang menghasilkan buffer atau penyangga yang dapat berbentuk lingkaran atau polygon yang melingkupu suatu objek sebagai pusatnya, sehingga kita dapat mengetahui luas objek dan jarak dari suatu objek tertentu. Contoh buffer yang sering di gunakan adalah buffer sempadan sungai, buffer letusan gunung apai, buffer jaringan sungai dll.

Pada halaman ini kita akan mencoba untuk membuat buffer jaringan sungai berdasarkan dari table di bawah ini.

Tujuan utama kita membuat buffer jaringan sungai adalah sebagai bahan utama dalam pembuatan peta rawan banjir.  Langkah pembuatan buffer ada 2 jenis macamnya yaitu :

Cara Pertama Arctoolbox, lalu Analysis Tools, pilih Proximity lalu pilih buffer, cara ini digunakan jika tidak memiliki kelas buffer. Misalnya kita hanya perlu 25 meter di kanan kiri jaringan sungai.


Cara Kedua Arctoolbox, lalu Analysis Tools, pilih Proximity lalu pilih Multiple Ring buffer. Cara buffer ini dilakukan jika buffernya memiliki kelas tingkatan. Misalnya kita ingin membuat kelas buffer dari 25, 50, 75 dan seterusnya


Untuk mengetahui lebih lanjut cara buat buffer jaringan sungai dari polygon dan line, yuuks simak videonya dibawah ini

Posting Komentar untuk "Cara Buat Buffer Jaringan Sungai dari Polygon dan Line di Arcgis"