Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus atau Menghilangkan Duplikat Foto Geotagging Berdasarkan Koordinat dan Mendeteksi Duplikat Foto

Geotagging adalah sebuah proses penambahan informasi posisi data pada GPS berupa informasi latitude dan longitude dalam sebuah foto digital. Dengan adanya fitur geotagging dalam informasi sebuah foto maka letak pengambilan foto tersebut dapat dengan mudah diketahui. 

Namun dalam realisasi di lapangan tidak jarang terjadi adanya duplikat koordinat dari foto yang berbeda hal ini dapat saja terjadi karena sarana atau alat yang di gunakan terkadang ada yang tidak mendukung dengan aplikasi yang digunakan sehingga respon GPS HP menjadi lambat dan lemot sehingga ketika selesai memfoto 1 tanaman kemudian memfoto tanaman di sebelahnya dengan jarak 3 - 5 meter itu terkdang koordinatnya masih sama.

Untuk itu disini kami membuat video tutorial Cara Menghapus atau Menghilangkan Duplikat Foto Geotagging Berdasarkan Koordinat, dengan harapan adanya video ini dapat membantu sedikit dalam pengolahan dan penghapusan duplikat foto berdasarkan koordinat. 

Adapun Langkah-langkahnya untuk Menghapus atau Menghilangkan Duplikat Foto Geotagging Berdasarkan Koordinat sebagai berikut :

  • Masuk kedalam Aplikasi Arcmap lalu lalukan proses Geotagged Fhotos to Point

maka hasilnya akan jadi sebaran titik titik seperti gambar di bawah ini 
  • lakukan proses intersect, dimana yang di intersect adalah titik geotagging dengan Buffer 30 m
  • kemudian dari hasil intersect itu, kita lakukan Open Attribut Table, lalu kita buat tabel baru yaitu tabel x dan tabel y, kemudian munculkan koordinat tersebut di tabel nya. seperti gambar di bawah ini 
  • Langkah selanjutnya lakukan dissolve dari hasil intersect yang sudah di tambah tabel x dan y
  • Setelah selesai proses dissolve, maka hasilnya adalah titik titik foto sebaran tanaman yang tidak ada duplikat berdasarkan koordinat, hasil perbandingnya jika jumlah awal geotagging (sebelum dissolve) adalah 19601 kemudian setelah proses adalah 18127, maka ada 1474 foto duplikat berdasarkan koordinat.
  • Dari hasil intersect klik kanan lalu Open Atribut Table, lakukan export data dengan jenis data dBase Table, lalu simpan di tempat penyimpanan

  • buka MO Excel, Open lalu panggil file hasil Export tadi
  • Pada kolom x, lakukan Blog ( Ctrl + Shift+panah bawah), lalu lakukan pengecekan duplikat nilai, seperti gambar ini 
hasil dari duplikat nilai itu seperti ini
  • Karena ada koordinat yang sama sesuai pada gambar di atas , maka lakukan pendeteksian foto dengan menelusuri tempat penyimpanan, lalu lakukan pencopyan foto yang koordinatnya sama dan pastekan di folder tertentu.

Untuk lebih memahami Cara Menghapus atau Menghilangkan Duplikat Foto Geotagging Berdasarkan Koordinat dan Mendeteksi Duplikat Foto, yuuk Tonton video tutorialnya di youtube Ctrl NET di bawah ini.
Cara Menghapus atau Menghilangkan Duplikat Foto Geotagging Berdasarkan Koordinat dan Mendeteksi Duplikat Foto

Semoga artikel dan videonya bermanfaat ya temen- temen, terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus atau Menghilangkan Duplikat Foto Geotagging Berdasarkan Koordinat dan Mendeteksi Duplikat Foto"